• UGM
  • IT Center
  • Dept. Sosek
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada PROGRAM STUDI EKONOMI PERTANIAN DAN AGRIBISNIS
DEPARTEMEN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • BERANDA
  • TENTANG KAMI
    • TENTANG KAMI
    • VISI DAN MISI
    • SEJARAH
    • STAF PENGAJAR DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
    • FASILITAS
    • LABORATORIUM
    • REKOGNISI AKADEMIS
  • AKADEMIK
    • JAMINAN MUTU
    • PROFIL LULUSAN
    • CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
    • KURIKULUM
      • Daftar Mata Kuliah
      • Peta Kurikulum
    • MODUL PEGANGAN MATA KULIAH
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kerja Lapangan
    • REGISTRASI DAN RESPONS
    • SKRIPSI
    • SIMASTER
    • PERPUSTAKAAN
      • Video Profil
      • Katalog Online
    • eLOK : (E-LEARNING: OPEN FOR KNOWLEDGE AND SHARING)
    • EVALUASI DOSEN OLEH MAHASISWA (EDOM)
  • RISET DAN PENGABDIAN
    • PUBLIKASI
    • JURNAL
      • AGRO EKONOMI
      • JAMADev
      • ILMU PERTANIAN (AGRICULTURAL SCIENCES)
    • PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
  • KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI
    • PERTUKARAN PELAJAR
    • PRESTASI MAHASISWA
    • INFORMASI BEASISWA
    • ORGANISASI KEMAHASISWAAN
    • ALUMNI KAMI
    • KAGAMA (KELUARGA ALUMNI UNIVERSITAS GADJAH MADA)
    • LOWONGAN PEKERJAAN
      • LOWONGAN PEKERJAAN
    • TRACER STUDY
      • MAHASISWA
      • ALUMNI DAN PENGGUNA ALUMNI
      • Tracer Study dan Rencana Tindak Lanjut Periode 2023/2024
      • Kepuasan Layanan Manajemen Periode 2023/2024
  • UNDUH
    • Heregistrasi Genap 2024/2025
  • KONTAK KAMI
    • PENGAJUAN KOMPLAIN
  • Beranda
  • artikel
  • Tingkatkan Daya Saing Produk Pertanian dengan Neuromarketing

Tingkatkan Daya Saing Produk Pertanian dengan Neuromarketing

  • artikel, berita
  • 31 Oktober 2024, 11.55
  • Oleh: budiono.sosek
  • 0

Pada Rabu, 30 Oktober 2024 Program Studi Ekonomi Pertanian dan Agribisnis melaksanakan kuliah tamu manajemen agribisnis dengan topik aplikasi neuroscience pada neuromarketing. Narasumber dalam kuliah tamu ini adalah Bambang Iman Santoso yang merupakan seorang neuro-enthusiast dan Co-Founder Neuronesia Learning Center (NLC) pada PT Neuronesia Neurosains Indonesia. Aplikasi neuroscience pada marketing merupakan salah satu ilmu penting yang patut dipelajari oleh seorang pemasar pertanian karena ilmu tersebut dapat menyempurnakan ilmu pemasaran yang telah ada.

Neurommarketing merupakan ilmu yang mempelajari tentang respon otak terhadap iklan dan branding, dan penyesuaian pesan-pesan marketing berdasarkan umpan balik untuk mendapatkan tanggapan yang lebih baik. Neuromarketing tidak hanya memperhatikan bagaimana pesan mengenai pemasaran sampai ke penerima, tetapi juga mempertimbangkan respon penerima dan cara kerja otak penerima agar mendapatkan feedback mengenai proses marketing yang telah dilakukan. Bapak Bambang memaparkan pentingnya neuromarketing dalam agribisnis berdasarkan artikel ilmiah dari Schukat dkk. (2021) dan Rabu dkk. (2022). Neuromarketing penting untuk bidang agribisnis karena dapat memberikan berbagai manfaat seperti :

1. Memahami preferensi konsumen lebih mendalam
2. Meningkat efektivitas visual dan kemasan
3. Membangun loyalitas melalui emosi
4. Meminimalkan risiko kegagalan produk baru
5. Optimalisasi penetapan harga dan penawaran promosi
6. Meningkatkan efektifitas strategi pemasaran
7. Memprediksi keputusan pembelian
8. Meningkatkan pengembangan dan daya tarik produk
9. Mengatasi tantangan kesehatan global
10. Memperluas penerimaan sosial
11. Keberlanjutan dan loyalitas merek
12. Keunggulan kompetitif di pasar ceruk

Bapak Bambang menambahkan, otak memiliki kecenderungan untuk menyukai sesuatu yang baru (novelty), tetapi juga tidak menyukai sesuatu yang sifatnya terlalu baru. Dalam hal ini, pemasar dapat menciptakan produk yang memuaskan konsumen dengan mempertimbangkan karakter otak tersebut.
Kuliah tamu mengenai neuromarketing ini merupakan salah satu hal baru bagi Program Studi Ekonomi Pertanian dan Agribisnis UGM. Kuliah tamu tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan Prodi EPA. Pelaksanaan kuliah tamu ini merupakan bentuk kontribusi Prodi EPA terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), utamanya poin ke 4, yaitu pendidikan yang berkualitas.

Tags: after report Agribisnis Kuliah Tamu Manajemen Agribisnis Neuromarketing SDGs4 : Pendidikan Berkualitas

Leave A Comment Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Universitas Gadjah Mada

Departemen Sosial Ekonomi Pertanian

Fakultas Pertanian

Universitas Gadjah Mada

Jl Flora No 1, Bulaksumur, Yogyakarta

Telp/Fax  : (0274) 516656

email        : agribisnis.faperta@ugm.ac.id

IG              : @agribisnisep.ugm

 

 

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju