Program Studi Ekonomi Pertanian dan Agribisnis mengundang Shofyan Adi Cahyono dari Sayur Organik Merbabu untuk kedua kalinya dalam kuliah tamu bertemakan Pemasaran Komoditas Organik pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Shofyan Adi Cahyono menyampaikan bahwa, permintaan pasar terhadap produk organik di Indonesia semakin meningkat. Trend ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan sebesar 20% tiap tahunnya. Peningkatan yang terjadi tentunya tidak lepas dari keinginan hidup sehat atau “back to nature”
Potensi produk organik cukup luas, bahkan mencakup in-farm proccess dan out-farm process. Menilik ruang lingkup yang lebih global, potensi produk organik sangat luas, bahkan hingga mampu menyentuh sektor industri garmen dan interior.
Produk organik terkenal sebagai produk dengan harga tinggi. Kondisi ini menghambat konsumen dalam mengonsumsi produk organik. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dibentuklah Gerakan CSA. Gerakan CSA (Community Supported Agriculture) merupakan konsep menghubungkan petani kepada konsumen sehingga harga produk menjadi lebih terjangkau. Kegiatan CSA meliputi partnership, locality, solidarity, dan customer-producer relation
Strategi Pemasaran Produk Organik
- Perlu dibangun kesadaran Bersama pentingnya produk organic bagi produsen/petani dan konsumen
- Membangun relasi yang erat antara konsumen dan produsen dapat meningkatkan produksi dan pemasaran
- CSA dapat menjadi alternatif agribisnis hortikultura dengan menemukan segmentation, Targeting and Positioning (STP) yang tepat.
- Pertanian organic adalah sebuah Gerakan membangun kesadaran bersama, perlu membangun kolaborasi dan membangun ekosistem Pentahelix ecosystem (Community, Government, university, private sector, and media)
Cara Peningkatan Pemasaran Produk Organik
- Penggunaan teknologi informasi untuk menjangkau konsumen lebih luas
- StoryTelling to StorySelling
- Memproduksi sayuran organic sesuai standar